Sabtu, Mei 22, 2010

Menghindari Hacker yang ingin MengHack Email

Pernahkah terpikir oleh kalian jikalau suatu hari ada hacker meng-hack email anda dan mengambil semua data-data anda? Jikalau pernah terpikir, berarti anda mempunyai kesadaran akan keamanan informasi di internet. Selamat!
Menurut saya, jaman sekarang ini kemananan informasi di internet menjadi suatu hal yang sangat dipertaruhkan. Mengapa? Sebab, semakin lama semakin banyak cara yang dapat digunakan untuk mengambil data rahasia di internet, misalnya keylogger, AJAX, Cookie Stealing, Javascript, Virus, Trojan, dll. Nah, untuk posting ini saya hanya membahas tentang hack email dengan cara memanfaatkan fasilitas Forgot Password atau Lupa Password.


Mungkin bagi teman-teman saya yang masih kelas 1-3 SMP atau SMA merasa nampaknya kita tidak terlalu rugi jika email kita dihack. Jangan salah! Untuk kita mungkin begitu. Tapi coba bayangkan jika seorang direktur bank emailnya dihack. Mungkin semua data bank miliknya akan diambil, rekening banknya dikuras habis menggunakan password yang tersimpan di email lalu digunakan untuk login di fasilitas online bank, account PayPal, dan lain-lain. Betapa ruginya dia, bukan? Jadi, sedini mungkin kita haru mempersiapkan diri menghadapi hacker.
“Ingat, setelah ini adalah bagaimana cara menghack email. Semua ini diberikan hanya untuk mengetahui bagaimana caranya kita melindungi diri dari serangan hacker, dan jika ada pembaca yang menyalahgunakan maka saya sebagai penulis tidak bertanggung jawab!”
Kita mulai saja dengan mencoba menghack sebuah email yang mail servernya di Yahoo!. Kita tidak bisa langsung menghack dia jika kita tidak mengenali dia dengan baik. Langkah untuk hack korban adalah dimulai dari mencari data tentang korban, misalnya lewat Friendster, Facebook, MySpace, Hi5, YM, MSN, dll. Kita cari info dari dia disitu. Jikalau bisa add mereka sebagai teman untuk bisa melihat info pribadinya. Setelah mendapatkan nama emailnya, buka situs http://mail.yahoo.com.
Klik pada tombol Forgot Password jika menggunakan Bahasa Inggris atau Lupa Password jika menggunakan Bahasa Indonesia. Kalau bahasa lain saya tidak tahu^^. Maka akan muncul tampilan pilihan yang intinya menanyakan tentang mengapa anda tidak bisa mengakses account.
Karena fokus kita disini adalah mengetahui cara menghack email dengan mengganti password, maka pilih I forget my password atau Saya lupa password saya. Nanti akan muncul tampilan untuk prosedur penggantian password (karena mail server menyadari tentang keamanan, maka password lama tidak bisa diberikan, tapi akan diberikan cara untuk mengganti password). Pilih pilihan Answer my secret question atau Jawab pertanyaan rahasia.
Nantinya akan muncul formulir yang harus anda isi. Untuk Yahoo!, pertanyaan yang ada adalah tanggal lahir, kode pos, dll. Jawab sesuai yang anda tahu. Jika sang target memang mengisi data sesuai dengan sebenarnya dan anda telah mengetahuinya, maka setelah anda isi maka akan muncul pertanyaan rahasia.
Tapi jika sang target mengisi asal-asalan, maka usai sudah perjuangan sang hacker! Kita asumsikan saja bahwa target mengisi dengan benar. Jika jawaban secret question anda tahu, isi saja, maka akan muncul tampilan proses penggantian password seperti pada tampilan berikut:
Nah, jika seperti ini password akun target sudah diambil dan hacker dengan mudah mengambil data pada email, misalnya password Friendster, dll. Cukup rugi kan?
Untuk mencegah hal seperti itu terjadi pada anda, saya punya beberapa tips:
1. Jangan mempublikasikan data diri anda secara sembarangan di Internet.
2. Jangan menampilkan data yang berguna untuk menjawab secret question, password, dan pertanyaan penting lainnya di profil kita seperti Friendster, Facebook, MySpace, Hi5, Multiply, dll.
3. Isi data yang diperlukan untuk mengganti password dengan data pribadi yang bukan sebenarnya, tapi mudah dihafal. Misalnya data orangtua, saudara, dll.
4. Begitu juga dengan secret question. Isi jawaban untuk pertanyaan rahasia tersebut dengan jawaban yang tidak nyambung dengan pertanyaan, tapi usahakan juga mudah dihafal. Misalnya pertanyaan rahasianya adalah “What is your junior high school name?”, jawab dengan nama anda, misal “David Orlando Kurniawan”
Caranya tidak sulit bukan? Walaupun sudah melakukan hal yang saya sarankan, tapi tetap waspada, karena cara hack email tidak hanya lewat fasilitas Forgot Password saja.
Saya ingatkan kembali, cara menghack email diberikan hanya untuk mengetahui bagaimana caranya kita melindungi diri dari serangan hacker, dan jika ada pembaca yang menyalahgunakan maka saya sebagai penulis tidak bertanggung jawab!

0 komentar:

Posting Komentar